Kamis, 04 April 2013

Jiwa bertekanan



Pressure Vessel (bejana tekan) merupakan wadah tertutup yang dirancang untuk menampung cairan atau gas pada temperatur yang berbeda dari temperatur  lingkungan. Bejana tekan banyak digunakan pada berbagai sektor industri seperti industri kimia (petrochemical plant), energi (power plant),  minyak dan gas (oil & gas), nuklir, makanan, bahkan sampai pada peralatan rumah tangga seperti boiler pemanas air atau pressure cooker..itu lho yang biasa digunakan masak bandeng presto, ayam tulang lunak dsb.....hemss nikmat rasanya
Karena bertekanan maka bejana tersebut harus dirancang memenuhi persyaratan...bahan yang digunakan harus mampu menahan tekanan yang bekerja..tekanan dapat berasal dari dalam bejana atau tekanan dari luar....Kalau tidak memenuhi persyaratan, berbahaya! membahayakan jiwa..bisa meledakan yang dapat merenggut nyawa....

Manusia dengan segala perangkat kelengkapan yang diciptakan NYA.....berupa jasad raga dan ruhani jiwa..sama halnya dengan bejana..dalam dirinya bisa timbul tekanan, stress, beban atau apapun namanya yang memberi effek berat bagi manusia untuk menanggungnya. Nah tergantung pada kesiapan bagi manusia itu untk menahan atau mampu bertahan terhadap berbgai beban yang menghimpitnya.....Beban-beban yang menghimpit jiwa sejatinya justru meningkatkan performa jiwa....dengan begitu Allah swt menghadirkan balasan yang berlipat ganda asal persyaratan pensikapan ujiannya sesuai dengan kriteria. “Inna idhomil jaza ma’a idhomil bala’ ”, sesungguhnya besarnya balasan (pahala) Allah...pensikapan yang diminta??? ..siapa yang ridho atas ujian itu.maka Allah pun ridho. Keridhoan sebagai sebuah persyartan saat saat didera beban ujian..untuk menghadirkan keridhoan...bahkan kesabaran atas dera ujian cobaan bisa menghapus dosa kesalahan...sampai rosulpun memberi wejangan yang luar biasa,” sungguh ajaib perkara seorang mukmin, dan ini terjadi hanya pada orang mukmin, segala perkaranya menjadi nilai kebaikan, saat ditimpa musibah dia bersabar, dan itu baik baginya, dan sat menerima nikmat dia bersyukur, itupun baik baginya”.

Dalam terminologi engineering, sering dilakukan berbagai perhitungan kekuatan (strength) pada sebuah material atau konstruksi, seberapa kuat material atau konstruksi itu menahan beban yang diberikan pada penampang luasan baik pada arah melintangnya atau pada arah yg sejajar dengan bebannya, semakin kuat material itu maka semakin besar daya topang terhadap beban yg diterima per satuan luasnya.  Demikian juga manusia, pencipta manusia Allah swt, menegaskan tidak memberi beban yang melebihi batas kemampuannya, la yukallifullohu nafsan illa wus’aha”. Jadi dimana kesalahannya?? Kok banyak yang mengalami internal stress dalam diri manusia?... kunci jawabannya adalah seberapa adaptif jiwa manusia terhadap lilitan beban yang ada, artinya seberapa adaptif membuat luas penampang dalam jiwanya membesar seiring dengan beban yang dialaminya. Dengan begitu kesiapan mengadaptasi beban tersebut dapat mengatur stress yang dialaminya... bahakan bila dia mensikapi dengan cara yang di perintahkan oleh Allah dan rosulnya maka ada rasa gembira saat datang dera ujian dariNYA...

Kamis, 29 November 2012

Maaf...dibalik katamu


Hanya terdiri tiga huruf tapi menyimpan makna. Hanya tiga huruf yang sangat berat dilewatkan melalui lesan kita. Maaf....biasanya diungkapkan manakala kita berbuat khilaf lewat tindakan, ucapan atau sekedar dalam canda tawa. Maaf yang bila tidak segera dilakukan membebani jiwa dengan berbagai derita bahkan saat ujung usia akan dicabut sang Kuasa.
Kisah seseorang yang bernama al qomah ketika diujung usianya begitu menderita sangat berat dalam menghembuskan nafas terakhirnya, kesulitan dalam sakaratnya mengundang kepedihan para sahabat, yang kemudian sampai mengundang kerisauan sang nabi mulia. Dan akhirnya ditemuilah ibunda al qomah untuk mencerita sebab kejadiannya, maka terungkaplah kedurhakaan al qomah terhadap ibunya dan sang bunda belum memaaafkan kedurhakaannya. Sampai akhirnya ancaman sang nabi untuk membakar jasad al qomah di hadapan sang bunda meluluhkan perasaan terdalam sang bunda, begitu sang bunda memberi kemaafan..al qomahpun menghembuskan nafas terakhirnya.
Kisah salah seorang sahabat nabi yang  disebut Nabi SAW orang itu ahli syurga , maka membuat penasaran para sahabat yang kemudian salah seorang diantara mereka berniat menginap di rumah seorang ahli syurga itu untuk melihat apa keistimewaannya. Sehari dua hari dan batas bertamu tiga haripun terlewati tanpa berhasil menginvestigasi perilaku istimewa sang ahli syurga. Akhirnya sang tamupun bertanya,” wahai sahabatku saya menginap dirumahmu hanya karena saya ingin melihat dan meniru apa gerangan yang membuat nabi menyebutmu sbg ahli syurga”...saya melihat aktivitasmu seperti pada umumnya para sahabat lantas adakah kelebihan perilaku yang tak bisa kulihat???...kata sahabat,” mas bro (mungkin kalau sahabat terpengaruh dengan bahsa kaum muda kini) mungkin ini yang menyebabkan aku disebut ahli syurga,” aku setiap menjelang tidur selalu memberi kemaafan pada semua orang yang berinteraksi denganku, baik ada kesalahan yang tersengaja atau tidak aku telah maafkan sebelum mereka meminta maaf”..
Manusia  bukan mkhluk tunggal di dunia, makhluk  sosial yang memerlukan interaksi dengan lainnya, sehingga kemungkinan ada ketidak harmonisan atau fluktuasi interaksi bisa saja terjadi. Dan yang dibutuhkan dalam hidup ini adalah orang yang siap dan berani memaafkan. Kita butuh untuk dimaafkan. Maka memaafkan orang lain sesungguhnya mengakar pada kebutuhan kita untuk dimaafkan.
Suatu hari cucu nabi mulia Hasan dan Husain bertengkar hebat yang menyebabkan mereka berdua saling mendiamkan beberapa lama. Sampai akhirnya sang adik Husain menuliskan surat pada kakaknya Hasan, dengan mengatakan,” saya tahu kebaikan dan pahala bagi orang yang memulai berbicara dan memaafkan setelah bertengkar, tetapi saya tak ingin mendahului kak Hasan untuk mengambil tindakan..... Luar biasa perilaku cucu nabi mulia..
Marilah setiap kita memulai untuk segera memaafkan sebelum orang lain melakukan hal seperti yang dilakukan Husein menulis surat untuk kita agar tersadar akan pemaafan... Sebuah dialog tentang kemaafan antara sesorang yang saya sebut Juwita (nama samaran) dengan penulis:
Juwita
Kenapa memaafkan begitu susah, bukan keusilan p.mun tadi..”maafin p.mun..uwe tipu loe”, tetapi orang lain, saya mau memaafkan tapi tersa begitu sulit.

Pak Mun
Kemudahan memaafkan menyebakan sahabat masuk syurga, memaafkan  merupakan bagian penyadaran bahwa Allah saja dzat yang Maha  pemaaf suka memaafkan

Juwita
Terlanjur sakit hati, gimana nyembuhin nya.. saya nggak mau menyimpan dendam

Pak Mun
Heemmm... gimana ya..rosulpun mengalaminya ketika sang pembunuh pamannya hamzah mendekatinya....”wahsyi”...walau sudah muslim, .menjauhlah dariku wahsyi agar tidak mengorek lukaku yang lama......maafin saja..tetapi ingat falsafah paku yang ditancapkan pada papan kayu, ketika paku dicabut nampak bekasnya...dan tak bisa dihilangkan sempurna  bekas goresan luka. Belajarlah mendiskripsikan kata salah dan kemaafan......karena begitu besar hamparan nikmat yang diberikan ketika bisa memaafkan

Juwita
Memaafkan ...walau sulit dirasakan...

Pak Mun
Hampir mustahil bisa melupakan kesalahan orang meski telah memberi maaf sepenuh ketulusan,....kesalahan seringkali tersimpan membekas dalam relung hati yang dalam dan luka bekasnya sulit terlupakan.
Kesalahan memang  tak dapat dihapus dari catatan kehidupan, karena memaafkan bukanlah melupakan apalagi menghapus seluruh ingatan peristiwa kejadian .
Memaafkan adalah menutupi kekhilafan dari sangkaan perasaan orang lain dan kegeraman dalam diri yang terpendam dalam dendam.
Memaafkan adalah menutup dan membiarkan masalalu tetap menjadi sejarahnya sendiri dan membuka sejarah baru untuk ditulisi dengan kebaikan

Juwita
Semoga bisa memaafkan...amiien

Pak Mun
Maafkanlah... sebelum nanti dipaksa memaafkan..seperti saat ada orang meninggal..maka wakil pihak duka selalu meminta kemaafan kepada seluruh yang hadir untuk sudi kiranya memaafkan kesalahan.  Maafkanlah sebelum mereka meminta kemaafan walau luka batin masih mendera.

Maafkan ...maafkan sekali lagi maafkan...’ Allohumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’wu anna”..dug Gusti sesungguhnya Engkau Maha pemaaf, senang memaafkan, maka maafkanlah kami, duh gusti....

Kamis, 25 Oktober 2012

Nduk....ku panggil kau..


Nama bukan sekadar rangkain huruf yang menyusun kata. Nama tidak saja rangkaian kata..tetapi nama mestinya menyimpan makna dan doa pemberian dari orang tua. Bahkan pudjangga badja berkata”, di dalam namamu ku pahatkan cinta dan do’a”. Hem hem....ketika shakespeare berkata apa arti sebuah nama, maka nama itu mengandung harapan, cita-cita dan cinta..
Diantara banyak manusia memiliki ke khasan nama..atau dalam bahsa dikenal dengan nama julukan, nama alias, nama samaran atau apalah orang menyebutkan...tetapi memang rosulpun memberikan nama khas sebagai panggilan kesayangan pada sang istri..” yaaa khumaira”....duhai yang memiliki pipi kemerahan...itu pasti bukan sekedar panggilan..tapi itulah panggilan kesayangan, ya..itulah ekspresi sayang sang nabi yang sekaligus suami..dari aisyah.wanita pandai pewaris ilmu nabi....
Sahabat sahabta nabipun memiliki kekhasan julukan, ada yang digelari ” syaifulloh..pedang Allah”, ada yang memiliki sebutan “al ghasil al malaikah”..lelaki yang dimandikan malaikat..Diantara generasi sesudahnyapun ada pula yang dijuluki “ Lion of the desert-Omar mukhtar”...bahkan banyak sekali dibelantara dunia inidi jaman kini julukan-julukan khas pada nama-nama pemain bola ada si tangan tuhan-maradona, ada sang mesiah-mesi.
Nah..ada yang cukup terkesan buat ku ketika melihat sketsa film sang murabbi...yang berkisah tentang ustadz Rahmat abdulloh...yang memanggil khas istrinya dengan panggilan”Nai” padahal nama aslinya Sumarni..dalam dialognya, nama saya kan sumarni, bukan sumarnai...iya itulah panggilan spesialku padamu..
Aku panggil kau.....he heheh apa ya..ketika saat pertma mengikat cinta bersamamu dengan aqdun nikah-akad pernikahan..dia mengatakan panggil aku Nonik aja ya...he hehehheee..Nonik???...tahulah..akhirnya Nonik ku panggil kau..sebagai panggilan sayang..buah cinta belaian hati hadir seiring dengan berjalannya masa...seorang lelaki, disusul kemudian seorang permpuan, dan yang ketiga seorang lelaki. Masing-masing kupahatkan dalam dirinya nama-nama yang menjadi pahatan cinta dan doa...dan masing-masing muncul dengan latar belakang cerita..seperti anak pertama ku namai kau
Aku panggil anakku lelaki dengan mas di saat tertentu dan le pada saat lainnya, sedangkan aku panggil mbak pada anak perempuanku dan sering dan aku suka memanggil dengan panggilan nduk. Nduk...sini nduk...ada penyertaan rasa, ada cinta yang teralirkan ada sayang yang tercurahkan. Panggilann yang mengisyaratkan kedekatan, perlindungann, kasih sayang....yang melingkupi berbagai macam tanggung jawab yang dibebankan. Nduk...kenapa seakan ada kelebihan perhatian, curahan cinta, dan kasih sayang yang tersematkan dalam dirimu....ya karena kau adalah perempuan... ya karena kau adalah tiang negerimu..karena kau adalah madrasah pertama bagi generasi sesudahmu karena kau peradaban di bangkitakan...dan sebagian besar tokoh-tokoh besar dunia selalu ada wanita perempuan hebat disinya.. dan karenanya suatu saat nantu engkau adalah seorang ibu....ibumu..ibumu ibumu baru bapakmu, kata nabi.
Nduk...ku panggil kau...tidak sekedar pada anak, tapi juga pada orang orang tertentu yang memiliki kedekatan hubungan, dengan keponakan-keponakanku ku panggil juga kadang dengan sebutan itu..nduk, atau pada orang lain pula tapi ada kedekatan hubungan karena sebagai ayah fungsional. .membimbing mengarahkan dan mencurahkan perhatian karena engkau seorang perempuan, karena engkau bagian dari narasi peradaban dan karena suatu saat nanti engkau menjadi seorang ibu yang melanjutkan generasi masa depan..  
Nduk..ku panggila kau sebagai tanda ungkapan perhatian, bimbingan, kasih sayang dan tanggung jawab di hadapan Tuhan...

Srikandi Tambal ban ..Bu Sri......


Wajahnya agak kusut dan terlihat agak emosi, tapi dengan cekatan, membongkar ban sepeda ataupun sepeda motor.....saat aku datang bersama muhammad anak kecilku yang meminta ban sepedanya untuk ditambalkan....ya pagi itu Sabtu 6 Ok tober 2012 bersama muhammad menyusuri jalan mencari tukang tambal ban. Tukang tambal ban langganan pun ku datngi yang letaknya dekat dengan pasar keputih sebelah kantor kelurahan lama. diujung pertigaan dekat SD Muhammadiyah itulah tukang tambal ban langganan saya. Namun apa hendak di kata, tukang tambal ban itu pulang ke kampungnya..urusan keluarga katanya.
bu Sri sedang bekerja
Akupun tak bisa berbuat apa, akhirnya ku minta advise pada pemilik bengkel, cak Mat namanya yg ku kenal sejak saya mash mahasiswa..katanya,’ mas. Ngriku mawon lho lak tambal ban, wingking ngriku ngajenge SD Muhammadiyah celak musholla.....tapi mpun kaget nggih sing nambal wedok..!!!..akupun tertegun dan ingin lihat buktinya apa yang dikatakan cak mat...akun ikuti arahannya ..kususuri jalan pertigaan dan menuju tempat yang ditunjukkan.....benar! seru bathinku..apa yang ku lihat diluar kebiasaan. Bu sri ..itu yang ku ttahu kemudian, namamu yang terdengar ketika seorang memanggilmu dari dalm ruangan.
Bersamaan bahkan sebelum saya datang sudah ada dua orang yang sedang bermasalah terhadap ban motornya...akupun kebagian giliran yang ketiga. Ku dengar diantara obrolan mas mahasiswa , ketika bertanya,”lho bu, kenapa njenengan kok nambal ban,” kemana suaminya?? Dengan agak ketus Ia menjelaskan, mas bojoku turu gak tangi-tangi....saya langsung mentafsiri (nih suaminya sudah meninggal)...nah anehnya si mas mahasiswa entah kurang sensitif atau sebenarnya penging ngejak guyon menghiburnyaa, sambil nunggu tambal ban???.. lho di bangunkan to bu lek tidur, masa ibu yang kerja??,.....wes mas sampeyan iku nggak mudheng..bojoku iku turu nggak iso tangi......
Setelah selesai dua orang yang menambalkan ban motornya ..nih sekarang giliran roda sepeda Muhammad anak saya yang jadi projeknya....ku amati...cekatan lincah, dan laiknya penambal ban laki-laki,  saya bilang profesional.....dia ambil cukit di sandarkan sepedanya,  dicukit roda.dan dikeluarkan ban dalamnya. Cekatan, profesional karena kebiasaan....setelah dipompa ban dalam dan dites kebocoran dengan mencelupkan ban dalam tersebut berisi air...jika terlihat gelembung udara maka disitu ada bocoran dan ditandai.dengan sebatang korek api..baru dikeringkan dan di keroki..sebelum ditambal dan dipanaskan agar terjadi perpaduan antara tambalan dan ban dalamnya...
Tapi....pak, niki mboten wonten bocore bane,”katanya,..mosok bu, kataku...niki njenegan tingali....owww iya yayaya...nggih pun njenengan pasang maleh mawon,...setelah selesai dan kutanya berapa ongkos..akhirnya ku bayar dan ku sisipkan kelebihan..sebagai buah penghargaan pengorbanan mencari nafkah dengan ketrampilan kelelakian. Itulah ikhtiari usaha dalam menjemput ketetapan rezkiNYA....rezki tanpa ada korelasi...rezki sesuatu yang takkan pernah tertukar..rezki orang tak akan pernah nyasar ke tempat kita, begitupun rezki kita tak kan berpindah tangan ....ketetapan berapa besarnya itu yang menjadi rahasia Tuhan, ikhtiar dan usaha itu yang menjadi tuntunan dan diperintahkan. 

Jumat, 05 Oktober 2012

Damar Amanu......

Dua kali rencana kunjungan ke sebuah wilayah di kabupaten Blitar...ya..kota di dekat bendungan Karang kates yang erkenal itu. Kali pertama undangan datang lewat sms yang dikirimkan direktur operasional Koperasi Jasa Keuangan Syariah "Manfa'at"..., P.munir ada undanga pertemuan sambil makan siang nih, di warung padang"., gimana pak?.jawabku,.waduh saya lagi full jadwal ngajar mas.!..esoknya datanglah undangan untuk acara kunjungan ke Blitar..melihat dan mensupervisi aktivitas pedagang telur ayam lintas pulau..yang kalau ngirim telur sehari antara 4-9 ton.

Akhirnya jadilah kunjungan acara ke blitar tersebut, hari Sabtu 29.9.2012,...bersama pengurus Koperasi, Pak Dr .Aries, Pak ali Mustofa, Pak Rahmad Wiyono, dan Pak Syaifuddin..berangkat dengan mobil avanza..sekitar selesai sholat dhuhur....mluncur  bro...berdoa tak lupa dipanjatkan agar didapati keberkahan<" subhanal ladzi sakh khoro lana hadza wa ma kunna lahu mukrinin..wainna ila robbina lamun qolibuun"...bismillah...'ala barakatillah..
eeiiit ternyata kerasa keroncongan juga setelah nyampe pandaan...mampir dulu brooo...pilih sana pilih sana ..diskus menu kuliner..macam-macam usulan..yeee akhirnye jatuh ke masakan rawon..ya rawon..bukan apa pengin cepet memenuhi jeritan perut yang kedengaran sepeti biola..ha hahaha....alhamdulillah..ternyata semua kawan sama pikirannya..aihh makan tak perlu ribet..yang penting cepet,,toh perbedan rasa itu cuman sejengkal aja....selebihnya tak berasa...bahkan kalau sudah keluar juga sama...sama baunya..ha hahaha.yaaahh..rasanya..kalau ke pandaan minuman khas nya yaaa bersa kencur..minuman istimewa penghilang dahaga sekaligus kata pak rahmat..itu jamu istimewa penguat stamina....hahahah

Lanjut broo....mluncur dengan kecepatan sedang..si avanza bergoyang goyang...sebagian diantara peserta matanya mulai redup..melayang...akhirnya nyampe saat adzan ashar di kota Malang..mampirlah kita semua menunai kewajiban sholat ashar di Masjid jami' Kota Malang ..masjid nan indah unik...arsitekturnya...segar hati bersinar...ada kelegaaan kebahagiaan saaat dekat setelah selesai bermunajat...alhamdulillah..

Lanjut langsung tancep..avanza goo....meluncur..leewat kesamben..terus..mendekat bendungan terkenal bendungan Karangkates...bendungan Ir.Sutami..karena yang menemukan .Ir.Sutami...dari kejauhan nampak kekokohan bangunan ..kekokohannya memberi kenyamanan..karena kekokohannya banyak manusia digembirakan..yaa disitulah dibangun PLTA..andai tak adagelap gulita wajah jawa timur dan Surabaya...cerobong orange nampak dikejauhan yang menandai pintu bendungan...yaa..tak lupa ku abadikan ....meluncur terus dan alhamdulillah nyampe sudah di Blitar tepatnya di desa Kanigoro..setelah berkomunikasi sepanjang perjalanan akhirnya bertemulah sosok pekerja kersa ..yang bernama bapak Damar Amanu..target operasi supervisi kali ini...

Damar amanu...sekilas ku tafsiri semdiri namanya " cahaya keimanan"...wuiih nama yang tidak sekedar tempelan tapi nama yang menyiratkan api perjuangan...nama yang bisa membangkitkan semangat berkorbat membela jati diri keislaman..ya Damar Amanu...sosoknya bersahaja..tampil dengan sedikit kumis dan jenggot tipisnya....ketika kami datang beliau baru saja keluar dari mushola setelah menunaikan sholat maghrib dan wiridan mengingat Rab nya....setelah kami berlima menunaikan sholat jama' qosor maghrib-isya...kami berkunjung kerumahnya dan obrolan penuh canda dan keakraban menghilangkan rasa penat lelah perjalanan...

Ya dimulailah kisah pak Damar amanu...dia alumni STM..selain sekolah di jualan telur eceran saat itu...sore diantara capek fisik badannya dia sempatkan belajar agama islam dan bahsa arab..subhanalloh..!! luar biasa..dia arungi kehidupan merintis usaha mulai naik sepeda onthel jualan eceran sampai retail telur.grosir distributor..kontaineran..perkembangan yang luar biasa dari pak Damar Amanu..sehari bisa kirim 2 -4 kontainer...atau 4-9 ton telur..ke luar jawa atau antar kota dalam dan luar propinsi..gigih ulet tekun..dan bersahaja..sekaligus seorang ustadz....Damar Amanu..kilatan keimanan..

Rupanya Allah masih sayang sama  pak Damar amanu....datanglah ujian padanya..dua kontainer yang dikirim ke Bandung..tak berbekas.total nilai sekitar 200jt..sekontainer ke balik papan sirna uang transfernya..dan lain-lain intinya sedang mengalami ujian luar biasa aliran macet uangnya sekitar 500 juta...besar nian!! akhirnyaaku ingat hadits qudsi..., Allah sangat rindu pada hambanya, Allah mengutus malaikat jibril  untuk menguji hambanya, dan Allah paling suka mendengarkan rintihan hambanya,” hadit qudsi, “ pergilah kepada hambaku dan timpakan ujian padanya, karena aku ingin mendengar rintihannya”, (HR Thabrani dan abu umamah)... so adakah ujian di sekolah atau kuliah demikian halnya??? ...rupanya rahsia itu yang ingin kudapat pelajaran dari supervisi ke Blitar...Tegar pancaran cahaya matanya menyiratkan keteguhan ketegaran..dan yang lebih penting lagi semangat kebangkitan..dari mana kutahu..dari ungkapan rancangan kegiatan bisnisnya mendatang...luar biasa, Damar....!

ya diakhir silaturahim kami dari Koperasi memberikan wejangan da masukan, sehingga ada rasa tenang dari pak Damar amanu..Dia merasa bersyukur pada Allah swt bisa bekerja sama ..dan kunjungan ini penuh makna dan akhirnya doa pun dipanjatkan bersama.  Semoga ujian-ujian semakin menjadikan kita dekat denganNYA..merintih dengan rintihan taqwa..rintihan pengharapan padaNYa..dengan begitulah..keriduhan Allah pada hambanya diikat dengan kepasarahan hamba atas cobaan.yang diberikanNYA... 

Hampir Jam 09, sudah hampir 2 jam bersama Damar amanu..saatnya balik ke surabaya...pilih jalur mana nih..ada yang ingin balik jalur semula. Ada yang bilang sunnahnya beda jalur..yo wes...terserah..jalur  Blitar Ngunut Tulung agung Kediri Jombang Surabaya...eiit sebentar nyampe jombang terasa mata sudah pada sayu semua..akhirnya ada ide tuh di jombang ada minuman ueenak es degan duren..kata pak Dr.Aries....woooke..sikat broo..ternyata bener uuuenak..dan cuman 6 ribu doangk.puas istirahat dekat alun-alun Jombng mluncur..ke Surabaya.. alhamdulillah nyampe Surabaya..jam 00.30.pagi..alhamdulillah..Damar Amanu menggores pengalaman berharga akan makna ujian..sabar pak Damar. Doa kami untuk engkau dan keluarga kami mendoa dengan kesabaran sedangkan engkau menjalankan kesabaran dalam kehidupan........

Senin, 24 September 2012

Wisuda !! penuh rasa....

Selamat kepada wisudawan dan wisudawati

Selamat,  kepada kaliyan semua semoga teriringi dengan kesuksesan...
Jurusan TL'08 : vembri ,  hendri budi, wibowo, helmy, erwin, yayan enduro, nandra, agils, hoirul, rangga, salman, dan semua crew TL'08
Jurusan DM'08 : renaldo, Adi, devy, mirzo, syaifudin, rahayu, dewi, dan semua crew DM'08
Jurusan TP'08 : mapa jalos, pradikan, zozy, regis, rifan dan semua crew TP'08
Jurusan DCA'09: lintang maharani, ardo, alfian s, sharah, rahmawati, rika, dinda, robert, sandro dan semua crew DCA'09
Jurusan DCB'09: miftah lutfi, rizky alfath, arta, afwan, dan semua crew DCB'09
maaf ndak bisa menyebut satu persatu....karena penuh nanti halaman  bloghnya..he heheh... tantangan dan peluang menanti karya besar kaliyan semua..saya hanya bisa mengiringi dengan do'a....dan chattingan masih bisa dilanjutkan walau kaliyan telah menjadi lulusan poltek perkapalan,.jangan lupa undangan pernikahan, walau lewat facebookan ....hahah  hahaha hha...haaa
"Adanya kaliyan menunjukkan Eksistensi Politeknik Perkapalan"

Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Biasanya prosesi wisuda diawali dengan prosesi masuknya rektor dan para pembantu rektor dengan dekan-dekannya guna mewisuda para calon wisudawan/wisudawati . Pada wisuda biasanya memakai pakaian yang ditentukan,  yaitu menggunakan baju toga (wikipedia). Tetapi sekarang artiwisuda telah mengalami induksi makna....jadi tidak saja pada proses pelantikan mahasiwa...anak play group sekarang juga minta wisuda..he hehhe he , mungkin yangg minta wisuda ortunya ya....sudah kangen diwisuda lagi...

Haa ha haha  wisuda...melupakan beban kemarin dan menuju beban beban kehidupan nyata..berikutnya..hahaha...Bagi saya wisuda selalu menyisakan rasa....rasa sedih dan gembira yang menyatu menjadi adonan rasa yang susah dituliskan dengan kata..(kaya juice atau soda gembira mungkin  yaaa)..Nih salah satu yang bisa mencerita tentang wisuda bisa dibaca di blognya  mbak Lintang Maharani

Berkali sudah saya melewati ritual wisuda, baik sendiri (saat S1 di ITS), bersama istri (istri juga diwisuda, saat S2 di ITB..bareng wisuda..walau kuliahnya duluan saya - saya setahun lebih dulu- hahahahhaa......molor kuliah ...kalau kuliah senangnya jalan-jalan...he hehe hehehee), mengikuti wisuda anak-anak mulai Playgroup sampai SMP...sama rasa...rasa sedih dan gembira mungkin itulah yang disebut rasa haru...(bukan heru lho yaaa)..saat wisuda anak betapa terharunya aku, "anakku tampil dimuka melantunkan tilawah ayat-ayat Rabbnya, dan masih kuingat dengan jelas..mimik mukanya menyiratkan ketegangan...dan saat terbaca olehnya surat Luqman..yang berisikan nasihat luqman pada anaknya...." tak kuasa mendongak muka ..tak kuasa menahan rasa..aku...terharu berurai air mata"...yaaa   wisuda....menyisakan rasa!

Saat wisuda kadang ada sedikit gelisah dan pastilah apa yang akan dilakukan pasca wisuda, ni sebagian dialog sesama wisuda:
Si A: habis wisuda ngapain nih...
Si B: nyari kerja dong..mau ngidupin anaknya orang, kamu???
Si A: saya pengin kerjaan yang nyari saya, saya ingin mempekerjakan orang-orang agar terbantu kehidupannya, yaaaa saya ingin segera menikah....
Si B: haaa hhaha ? sableng kau....mau kau kasih makan istrimu
Si A: yaaa makan nasi lah, masa makan batu.....hahaha

Wisuda menyisakan rasa..! rasa gembira karena perjuangan letih lelah lemburan kerja keras menyelesaikan tugas. Belum lagi kalau dikejar target pula, seakan lepas semua beban beban perkuliahan beban tugas gambar dan uji bahan, dan puncaknya adalah lepasnya beban Tugas Akhir yg menyita banyak pikiran...itulah kegembiraan ..mari rayakan..mari rayakan dengan kesyukuran...

Wisuda menyisakan rasa!!....rasa sedih..sebentar lagi saat-saat perpisahan, perpisahan dengan kawan seperjuangan yang telah bersama-sama membanting tulang, ngelembur bersama menyelesaikan laporan, bersama-sama melakukan baceman..( hehe hehe saya juga pernah lho..). berpisah dengan kampus perjuangan..yang telah banyak sekali setiap sudut ruanganannya menuliskan sejarah kehidupan. Berpisah dengan dosen karyawan..yang tetap setia menjaga gerbang pendidikan. Berpisah dengan dosen pembimbing tugas akhirnya yang telah mendampingi dengan kesabaran walau kadang ada kemarahan..( hehe heheh..)

Wisuda menyisakan rasa!..rasa bertanggung jawab atas kehidupan..rasa bertanggung jawab menju gerbang kedewasaan..mencari bekal kehidupan..mencari pekerjaan atau jadi wirausahawan. Karena itu bagian yang diperintahkan...Kawan, wisudawan,   ancangkan tekad meraih kesuksesan, kesuksesan dengan kerja keras dan keyakinan. bawa bekal-bekal yang sudah ditanamkan.....semoga urusan kaliyan dimudahkan..teriring doaku buat kaliyan," Allohumma la sahla illa ma, ja'altahu sahla wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahla, Ya Allah..tidak ada kemudahan kecuali engkau yang telah memudahkan, dan engkaulah ya Allah yang menjadikan segala yang susah jadi mudah". amiin

Kamis, 20 September 2012

Inikah cinta dan tandanya..????


 Inliah rasa...karena perasaan itu adalah penghuni rumah hati kita. Tabiat kepenghuniannya mirip dengan tabiat kepribadian kita. Kadang  ia menjadi penghuni yang baik, ramah, dan sopan. Namun kadang pula menjadi liar, dan nakal. Kadang perasaan itu juga beteriak-teriak menggemuruh laiknya gelombang, namun saat yang lain melambai-lambai menina bobokkan.

“Jangan remehkan perasaaan”, kata Syeikh Thanthawi, karena ia menjadi tempat persinggahan dua hal  yang ada di dunia ini,” Iman dan Cinta”....kata Anis Matta.(arsitek peradaban). Tapi perasaaan tidak hanya dua hal itu ada rasa-rasa yang lain (nano-nano kali ya..ha haha)....rasa yang berseberangan diametral dengan dua hal yang mulia, iman dan cinta.

Lalu rasa cinta??? Apa ya?? Rasa cinta yang membaluti jiwa terkadang dan lebih dominan bukan dilandasi atas iman keyakinan tapi yang lebih sering dominasi dorongan syaitan. Sebuah dialog kontemplatif dengan Cinta yang dilakukan wartawan rumah-fikiran bernama poedjangga badja membuktikan. Inilah dialog itu,

Poedjangga badja,” Cinta, apa sih kamu, gimana sih wujudmu??, kata cinta,” aku adalah rasa perasaan yang merupakan anugerah yang Maha Rahman, namun sering ku di salah artikan. Padahal sejatinya diriku bila diselaraskan dengan yang Maha Rahman niscaya berakhir membahagiakan. Badja, katanya, “ yang terjadi adalah penyalah gunaan rasa cinta itu untuk kesenangan nafsu percintaan, yang tidak sesuai dengan tuntunan. Badja katanya lagi, dengan mimik kesedihan, cinta mengungkapkan,” aku takut...rasaku telah menjelma menjadi wabah virus yang dipuja dan di disalah tafsirkan”.. karena banyak peristiwa kejadian, perselingkuhan, perkosaan, pelecehan dan berbagai atribut sejenisnya dinisbatkan karena dilandasi oleh rasa cinta yang membius memabukkan. Banyak bukti mengatakan, badja, dan saya yakin kamu tahu itu, kata cinta. Seorang gadis remaja belia mungkin usia belasan, bergandengan tangan, bermesraan, hanya untuk membuktikan pada pasangannya bahwa itu tanda percintaan, seorang remaja putri berani menggugurkan janin dalam kandunga yang katanya sebagai buah bukti cinta yang dikerjakan, seorang  paruh usia empat puluhan melakukan perselingkuhan kemudian membunuh memasukan jasad nya pada tabung LPG dan dilas padahal sudah beruban dan aib perbuatannya diketahui banyak orang... Panjang lebar dan dalam cinta mengurai penjelasan. Kata badja,” lantas bagaimana wujudmu cinta?...ha haha hahha tertawalah si cinta,” katanya, tiba-tiba, ” plak plak, ditempelenglah si badja oleh cinta, dan berkata cinta, sakitkah badja?? ..sambil meringis badja berkata , aduuh saakit, kata cinta, sakit? Iya kamu bisa merasakan sakit...tapi tahukah kamu bentuk dan wujud sakit,  kamu bisa melihat cahaya lampu di malam gulita, tapi bent tuk listrik seperti apa?, kita hanya tahu dampak yang dihasilkannya, begitu pula cinta, katanya...mengurai kata-kata tentang dirinya..seringkali kejadian-kejadian didunia ini yang kita pahami dampaknya tapi wujud bentuknya sulit dijelaskan.

Poedjangga badja memperdalam dialognya agar lebih bisa memahami makna hakiki cinta dan tanda-tandanya, di tanya lagilah si cinta, kata badja,” cinta , tentunya tidak sekedar hal-hal nista yang menjadi objek cinta, karena banyak fakta luar biasa yang menunjukkan betapa hebat pengaruh mu (cinta) pada hal-hal yang diperintahkan NYA. Banyak bukti karena cinta mereka rela mengorbankan harta, jiwa dan nyawa..ya karena cinta..., lantas apa tanda-tanda cinta itu? Kata badja.., tanda cinta itu, kepada apapun dan siapapun cinta dinisbatkan baik yang melanggar aturanNYA atau yang sesuai tuntunanNYA menunjukkan tanda-tanda yang kasat mata bila sesorang sedang dilanda cinta. Tanda tanda itu diantaranya:

1.     Banyak menyebut atau mengingatinya...inilah tanda nyata saat seseorang kecanduan cinta pastilah senantiasa teringat dengan menyebut atau terbayang dengan yang dipuja atau dicintainya. Seseorang yang dilanda cinta dengan kekasihnya pastilah sangat menyebut namanya, pastilah ada getran yang sulit dicerna maknanya saat namanya dilantunkannya.

2.       Kagum, demikian halnya kalau sesorang pecinta mencintai kekasihnya pastilah dia mengagumi segala hal yang melekat di dalam siapa dan apa yang dicintainya

3.       Rela, orang yang mencintai kekasihnya, apapun akan dilakukan, rela/ridho mengerjakan apapun asal dia bisa melanggenggkan perasaan cintanya pada kekasih idaman hatinya

4.       Berkorban, bukti nyata lain saat seseorang dilanda cinta dia bisa mengorbankan apa saja asal dia bisa mendapatkan balasan dari cinta  kekasihnya.

5.       Berharap dan setia,  tanda kecintaan seseorang pada kekasihnya, pasti ada harapan kesetiaan dari pecinta pada kekasihnya. Sulit dikatakan mencintai kekasihnya pada dia melakukan ketidak setiaan pada kekasihnya.

Tanda tanda cinta tersebut berlaku secara umum, baik cinta yang didasari nilai imaniyah atau pula cinta yang dilandasi nafsu syaithoniah...keduanya memiliki tanda yang sama. Lantas???  Yaaa yaa kita harus bisa menempatkan rasa yang mulia tersebut pada hal-hal yang pantas dicintai sesuai dengan aturan yang telah ditetapkannya. Ada sebuah kisah yang sangat luar biasa, yang dapat dijadikan ibrah atau pelajaran....”tersebutlah kisah mulia ini, dari seorang pemuda Handholah namanya, handholah ini sahabat muda yang baru saja merasakan mahligai rumah tangga, baru merasakan indahnya cinta, cinta terhadap kekasih yang telah dinikahinya, singkat cerita malam itulah malam istimewa karena malam itu sahabat muda handholah sedang memadu kasih dengan kekasihnya, tiba-tiba datanglah panggilan...tetapi bukan sembarang panggilan..panggilan untuk berjihad di jalan Allah,..bagaimana perasaan kita andai jadi handholah??? Rasanya suliit dilakukan, karena handholah memilih mengunggkapkan kecintaannya pada dzt yang mulia, dia lebih mengutamakan cintanya pada allah swt dibandingkan dengan kekasihnya, bergegas segera menemui sang nabi untuk menjalankan perintah,..singkat cerita dimedan laga gugurlah sahabat muda handholah....dan sang Nabi pun ingin menguburkannya terkejutlah..karena sahabat muda handholah telah dimandikan para malikat yang mulia karena saat memnuhi panggilan jihad tidak sempat menunaikan kewajiban mandi jinabatnya,..luar biasa...” itulah sepenggal kisah tanda cinta yang luar biasa... bagaimana dengan kita??? Adakah bisa membuktikan cinta kita dengan prioritas cinta padaNYA??? Sebuah pertanyaan yang perlu direnungkan.....